Sinergitas IT Telkom Purwokerto dan Pokdarwis Desa Kedungbenda dalam Pemanfaatan 3D Virtual Tour sebagai Media Promosi Wisata

Dalam rangka pemulihan wisata desa Kedungbenda, kec. Kemangkon, kab. Purbalingga, akibat dari pandemi covid-19, IT Telkom Purwokerto melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bersama Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Kedungbenda yang dituangkan ke dalam bentuk pembuatan website dan pemanfaatan 3D Virtual Tour sebagai media promosi wisata. 3D Virtual Tour atau bisa disebut dengan Virtual Tour 360 merupakan simulasi dari suatu lokasi yang menggabungkan teknologi fotografi dengan teknologi informasi berbasis 3 dimensi dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengunjungi lokasi secara virtual.

Untuk bisa membuat Virtual Tour dalam bentuk 3D, diperlukan adanya pengambilan gambar 360. Pengambilan gambar ini dilakukan oleh tim dari IT Telkom Purwokerto pada saat kegiatan pengabdian masyarakat berlangsung. Pengambilan gambar 360 dilakukan mulai dari tempat masuknya wisata hingga ujung dari tempat wisata Desa Kedungbenda. Hal ini bertujuan supaya pengunjung website dapat melakukan perjalanan wisata secara virtual. Ini adalah salah satu contoh bentuk pengambilan gambar 360 yang dilakukan oleh tim dari IT Telkom Purwokerto.

Fitur 3D Virtual Tour di dalam website akan sangat bermanfaat untuk masyarakat yang berada di luar wilayah Desa Kedungbenda terutama pada saat pandemi covid-19. Wisatawan tidak perlu datang langsung ke lokasi namun dapat melalui website ini terlebih dahulu dan mencari fitur 3D Virtual Tour, wisatawan sudah dapat berkeliling di tempat wisata Desa Kedungbenda secara virtual. Dengan adanya fitur ini, wisatawan dapat menikmati spot wisata alam secara virtual sebelum nanti berkunjung langsung. Diharapkan 3D Virtual Tour ini dapat menarik wisatawan untuk dapat langsung berkunjung ke lokasi.

Pembuatan website wisata Desa Kedungbenda sebagai media promosi di era industry 4.0 pada masa pandemi dapat dikatakan efektif dan efisien karena seluruh informasi mengenai hal yang berkaitan dengan tempat wisata Desa Kedungbenda dapat tersampaikan secara rinci di dalam website ini. Website desa wisata dapat dilihat pada laman https://www.deswitakedungbenda.com/ . Ditambah dengan adanya konsep 3D Virtual Tour, masyarakat akan lebih mudah mengetahui apa saja yang ada di sekitar tempat wisata dan dapat melakukan perjalanan di lokasi tersebut secara virtual. 3D Virtual wisata dalam dilihat pada laman https://weblama.deswitakedungbenda.com/streetview360/. Dengan ini diharapkan wisata Desa Kedungbenda dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga pengelola dan pemeliharaan wisata Desa Kedungbenda bisa tetap berjalan meskipun dalam kondisi pandemi.

1 thought on “Sinergitas IT Telkom Purwokerto dan Pokdarwis Desa Kedungbenda dalam Pemanfaatan 3D Virtual Tour sebagai Media Promosi Wisata”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *